Monday 6 January 2014

Diabetes Militus (DM) atau sering di kenal dengan kencing manis.



Diabetes adalah penyakit gula dengan rasio kematian yang tinggi setelah penyakit jantung dan kanker. Dalam artian diiabetes dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana kadar gula darah seseorang berada di atas batas normal. Penyakit diabetes ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menggunakan atau meproduksi insulin secara memadai. Pengertian insulin sendiri adalah hormon yang mengendalikan gula darah.Horman insulin sendiri dihasilkan oleh organ pankreas kita.
Tubuh menyerap karbohidrat sebagai glukosa (gula darah). Dengan meningkatnya gula darah setelah makan, pankreas melepas insulin yang membantu membawa gula darah ke dalam sel untuk digunakan sebagai bahan bakar atau disimpan sebagai lemak apabila kelebihan. Orang-orang yang punya kelebihan berat badan atau mereka yang tidak berolahraga seringkali menderita resistensi insulin. Konsekuensinya, tingkat gula darah meningkat di atas normal dan menyebabkan diabetes.

 Gejala-gejala diabetes yang pada umumnya sering dialami :

Sering buang air kecil
Sering mengantuk
Sering minum
Tubuh kurus dan lemas
Sering makan tetapi tidak gemuk-gemuk juga
Sering merasa haus dan lapar


Bebrapa hal yang menyebabkan orang terkena penyakit gula atau diabet

1. Faktor Keturunan

Penyakit diabetes sering kita jumpai pada orang tua tetapi sekarang anak-anak yang orang tuanya mengidap penyakit gula ini akan besar kemungkinan sianak akan mempunyai penyakit gula juga..Karena penyakit diabet ini terjadi karena bersifat menurun dari parentalnya.

2. Faktor Lain

Faktor lain yang dapat mempengaruhi akan terjadinya penyakit diabetes adalah infeksi virus, obat/zat kimia, dan radikal bebas.
Tetapi sejalan dengan perkembangan jaman,dipelajarilah ilmu BIOTEKNOLOGI

Bioteknologi sendiri banyak sekali penjelasannya dari yang kuno/konvensional sampai yang modern.Tak cukup rasanya jika saya membahasnya pada artikel ini.

Rekayasa Genetika

ada 3 unsur rekayasa genetika :
1.Plasmid
2. Enzim
3.Transformasi
.
Disini saya akan membahas tentang ke inti penyembuhan penyakit diabetes saja karna pengertian dari ketiga unsur diatas sangat panjang dan fungsinya banyak pula.

FUSI GEN
adalah teknik-tekni rekombinan DNA.
misalnya: teknik plasmid pada proses pebuatan hormon insulin melibatkan 2 sel yang berbeda.Yang hasil dari produknya bisa dibuat hormon insulin buatan untuk penderita diabetes militus/DM.

Cara Pembuatanya :

1. Plasmid bakteri E.coli dipotong sebagian menggunakan enzim retriksi
2. Sel pankreas pada manusia/babi diambil satu kromosomnya dan dipotong menggunakan enzim retriksi juga.
3.Sisa hasil potongan dari plasimid E.coli disambungkan dengan hasil potongan kromosom/gen menggunakan enzim ligase.Dan pada tahap ini disebut dengan Rekombinan DNA.
4.Hasil abungan tadi lalu ditransformasikan kedalam sel bakteri E.coli lagi.
5. Setelah itu bakteri E.coli yang memiliki plasmid DNA Rekombinan tersebut dimasukan kedalam drum-drum untuk menunngu proses pembelahan sel.
6. Setelah sel E.coli membelah menjadi banyak drum tadi diberi kran untuk penuangan DNA rekembinan E.coli tersebut.
7.Hasil akhirnya dimasukan kedalam botol dan dikemas.Dan terciptalah insulin hormone untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus.

Semoga artikel ini bermanfaat :)) dan anda terhindar dari penyakit type one diabetes ,type 2 diabetes, type 3 diabetes.

Data dan cara pembuatan dari artikel ini saya buat berdasarkan study biologi saya,bila ada kekurangan mohon dimaafkan..
Sekian artikel ini,dan jangan lupa inkuti blog ini untuk mendapatkan informasi update dari blog saya.Jangan lupa follow twitter saya :))


Posted by Unknown On 01:13 1 comment

1 comment:

Brikan komentar anda demi kemajuan Blog ini , jangan hanya menjadi pembaca yang pasif , yang setelah mebaca artikel langsung pergi begitu saja ..

Silahkan jika ada kritik atau saran atau memberi masukan tentang artikel berikutnya yang hendak anda cari,Insyalah saya akan membuatkannya .. :)
Demi kemajuan Blog ini dan anda mendapat barokhah :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Followers

    Alexa Rank