Wednesday 8 January 2014

Komputer merupakan barang yang sangat bermanfaat bagi kaum manusia sampai saat ini computerworld,tak heran dari semua kalangan mulai dari anak-anak,pegawai kantor,guru,pegawai rumah sakit,busines man,pelajar,mahasiswa,dll
Banyak sekali aktifitas yang kita habiskan di depan komputer, mulai dari membuat dokumen, browsing, sharing dan masih banyak aktifitas yang di memiliki komputer.Hal ini terjadi karena perkembangan jaman manusia purba teknologi yang mulai modern. Ini membuat komputer memerlukan perhatian khusus dari semua aspek pcs.


Perhatian khusus apa yang dimaksud ? Komputer tetaplah sebuah barang yang bisa rusak sewaktu -waktu baik sementara maupun rusak total. Sudah pasti ini akan merugikan karena anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya tak tanggung-tanggung biaya yang dikeluarkan jika komputer kita rusak bisa jutaan rupiah keluar dari kantong kita.Sangat sayang bukan,uang yang seharusnya buat shoping ditabung malah untuk memperbaiki komputer.

Bagaimana cara agar komputer anda tidak mudahrusak ? ternyata tak perlu repot-repot dalam merawatnya cukup perhatikan hal-hal kecil yang sering kita sepelekan dan abaikan. Apa saja itu? Mari kita simak dalam artikel dibawah ini..




  1. Jangan Asal Mematikan Komputer

Asal mematikan komputer akan sangat berakibat fatal pada hardisk anda,kemungkinan besar prosesor anda akan sangat lama mengindex input untuk menuju ke prosesor.Dan sebaiknya anda mengerti tata cara mematikan komputer yang benar.Dengan cara Cool boating dan warm boating.

Mematikan komputer yang benar adalah dengan mengklik menu start
à Shut Down

  1. Jagalah Kebersihannya

    Komputer/laptop juga butuh perawatan,mulai dari kebersihannya. Jika tidak terjaga kebersihannya pasti akan cepat rusak. Gunakan lap kain yang lembut dan kering untuk membersihkan layar monitor, bersihkan dengan perlahan jangan terlalu ditekan agar layar tidak tergores. Tak hanya monitor, yang lainnya juga harus dibersihkan seperti keyboard yang berdebu.Mouse yang banyak minyak dan licin.

    Jauhkan komputer/laptop dari makanan dan minuman karena dikhawatirkan sisa-sisa makanan yang terjatuh di atasnya membuat komputer/laptop menjadi kotor dan menimbulkan banyak bakteri dan virus yang melkat.Terlebih lagi jika ada minuman yang tumpah, itu dapat merusak komputer/laptop anda.

  2. Uninstall Program yang tidak Penting
Komputer yang terlalu banyak aplikasi program yang di install kedalam komputer akan menyebabkan daya respon hardwere komputer semakin melambat.Hal ini disebabkan hardisk komputer yang sudah tidak lagi kuat menahan beban program file yang terinstall di komputer.

Sebaiknya anda mulai menghapus shortcut yang tidak penting di desktop anda,dan menguninstall aplikasi yang dirasa tidak penting dan jarang digunakan.Ini semua akan berdampak pada proses loading komputer.Jika semakin sedikit aplikasi yang terinstall didalam komputer maka akan semakin cepat pula respon komputer/laptop anda,begitu pula sebaliknya

  1. Jangan Biarkan Komputer/Laptop Terlalu Panas
     Komputer yang terlalu panas disebabkan banyak faktor.Misalnya prosesor komputer terlalu berat dalam memproses data didalam procesor sehinnga membuatnya hardware menjadi panas.
    Suhu ruangan yang panas akan membuat komputer/laptop ikut panas. Lebih baik anda menaruh komputer diruangan yang ada pendingin ruangannya, atau untuk laptop bisa anda pasang cooling pad. Selain itu, perhatikan media anda menaruh laptop. Jangan menaruh laptop di tempat yang tidak mengalirkan panas contohnya kasur,bantal dan lain-lain.
  2. Hapus File Sampah/Spam dalam Hardisk

File sampah atau file yang tak berguna yang berada di hardisk anda sebaiknya anda segera menghapusnya.Karena jika anda tetap menaruh file yang tidak bermanfaat akan mengakibatkan komputer lambat utuk merespon perintah.Setelah anda hapus sebaiknya file yang ada di recycle bin anda hapus juga karena jika tidak dihapus percuma jika anda menghapus file dari hardisk dan masih tersimpan di recycle bin.Atau sebainya anda downlaod Ccleaner agar membantu anda dalam menghapus file-file yang tak berguna dan file sampah.

Setelah kita tau penyebab dan cara mengatasi komputer kita agar tidak mudah rusak dan awat kita harus harus lebih teliti dan cermaat dalam memberikan perhatian khusus kepada gadget kita tercinta ini...Semoga bermanfaat :)
Posted by Unknown On 01:16 No comments

0 komentar:

Post a Comment

Brikan komentar anda demi kemajuan Blog ini , jangan hanya menjadi pembaca yang pasif , yang setelah mebaca artikel langsung pergi begitu saja ..

Silahkan jika ada kritik atau saran atau memberi masukan tentang artikel berikutnya yang hendak anda cari,Insyalah saya akan membuatkannya .. :)
Demi kemajuan Blog ini dan anda mendapat barokhah :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Followers

    Alexa Rank