Friday, 14 March 2014

Hallo sobat setia pengunjung blog ini,berjumpa lagi dengan saya andika yosa pradana..Telah lama gak updtae blog langsung turun aja nih rating blog ane..heheh



Kurang tidur juga mentebabkan berbagai macam penyakit nah..disini saya akan membahas bahaya jika kurang tidur.  Sebaiknya kita jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur di atas jam 12 malam, banyak risiko kesehatan yang mengancam.


Berikut bahaya yang mengancam akibat kurang tidur :

1. Masalah jam biologis tubuh
Jam biologis tubuh adalah istilah bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Apabila agan sering tidur di atas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

2. Masalah insomnia berkepanjangan
Teralalu sering tidur di atas jam 12 malam, Anda bisa menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Apabila dibiarkan, saat bangun Anda menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

3. Masalah produktivitas menurun
Tidur di atas jam 12 malam sama artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Dampkanya, saat berada di tempat kerja, Anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas.

4. Maslah kekebalan tubuh 
Berkaitan dengan jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, kinerja otak ikut terhambat mengenai masalah ini. Tidur di atas jam 12 malam pada akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.


5. Masalah penyakit kardiovaskular
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. So artinya, jangan tidur di atas jam 12 malam jika memang ingin memenuhi jadwal tidur harian dan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Risiko kanker
Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

Jadi, dianjurkan  jangan mengurangi jatah tidur 8 jam dan jangan sering tidur terlalu larut malam. Salam sehat.



source : nurulhedayat.blogspot.com
Posted by andika yosa On 16:27 1 comment

1 komentar:

Post a Comment

Brikan komentar anda demi kemajuan Blog ini , jangan hanya menjadi pembaca yang pasif , yang setelah mebaca artikel langsung pergi begitu saja ..

Silahkan jika ada kritik atau saran atau memberi masukan tentang artikel berikutnya yang hendak anda cari,Insyalah saya akan membuatkannya .. :)
Demi kemajuan Blog ini dan anda mendapat barokhah :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Followers

    Alexa Rank

    Google+ Followers