Thursday, 29 March 2018





Halo soyer, dipostingan kali ini saya akan membahas tentang Tips dan Trik LULUS USM PKN
atau baru-baru ini dikenal dengan nama  Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PKN STAN. Nah kita mulai dari Tahapan awalnya dulu. Nanti sobat soyer akan mendaftar di website PKN STAN dan website Panselnas (Panitia Seleks Nasional) untuk Sekolah Ikatan Dinas. Setelah mendaftar kalian harus mencetak Bukti Pendaftaran untuk selanjutnya membayar uang pendaftaran di Bank rekanan. Kalau jaman saya dulu pendaftaran PKN STAN membayar di Bank Mandiri Rp. 150.000 saja. Mungkin biaya pendaftarannya sekarang sudah naik, wah kok Mahal ?? Tenang anggap saja itu investasi kalian. Kok bisa investasi ? Karena dengan uang investasi Rp 150.000 kalian bisa menikmati Kuliah Gratisss sampai lulus, tidak bayar uang SPP, uang Semesteran, uang gedung,dkk. Malah kalian akan dapat Alat Tulis Kantor Selama 3 tahun (Kalau yang D3) dan uang PKL di tingkat akhir nantinya, lumayan lah bisa buat beli kuota dan jajan, Kadang buku referensi Paket yang tebel-tebel dipinjami malah kadang di kasih, enak gak tuh :) 

Lanjut setelah membayar uang pendaftaran kalian akan menunggu untuk pemanggilan jadwal verifikasi berkas dan pencetakan BPO. Biasanya verifikasi berkas dilakukan di BDK tempat kalian memilih kota pendaftaran. Setelah itu kalian akan menjali tes tahap demi tahap. Dimulai dari Tes Tahap 1 yaitu tes tulis, di tes ini akan diujikan 2 tipe tes tulis. Pertama Tes Potensi Akademik (TPA), tes ini berisi tes logika dan kemampuan verbal. Tips mengerjakan TPA yaitu 

  1. Pastikan kalian paham materi yang akan diujikan di tes TPA itu apa saja 
  2. Kerjain yang menurut sobat soyer jago. Kalau saya dulu ngerjain yang pertama yang persamaan/antonim kata, deret, terus premis, bahasa indonesia, dst, paling terakhir matematika. Why ? karena menurut saya matematika itu walau jawabannya pasti tapi lama dicarinya :') jadi cari soal yang mudah dikerjakan dahulu, karena semua soal bobotnya sama. Benar +4 , salah -1 , kosong 0. 
  3. Jangan kelamaan jawab kalau sudah stuck, kalau sudah stuck inget disini waktu sangat berharga, gimna ga berharga 120 soal dalam 100 menit :) dan kita ga boleh bawa jam tangan, dan kaga ada jam di ruang ujian :')
  4. Ingat aturan penilai ujian tulis. Yaitu jumlah benar haru lebih besar atau sama dengan 1/3 jumlah soal. So TPA ada 120 soal , kalian harus benar menjawab 40 soal TPA. Kerjain sebanyak mungkin tapi jangan ngaco juga jawabannya. Kalau saya dulu mengerjakan TPA 88 soal dan hampir yakin 60 soal benar. Sisanya Membulat indah tapi dengan keyakinan, haha
  5. Yang terakhir ini penting, JANGAN SALAH CANTUMIN KODE SOAL NASKAH UJIAN. Sebab tiap soal memiliki kode soal sendiri, sehingga soal satu dengan soal lain beda urutan soalnya tapi masih sama soalnya.


Next Setelah ujian TPA 100 menit kalian akan langsung mengerjakan soal Tes Bahasa Inggris (TBI), disinilah menurut saya hampir 72% pendaftar gugur di tes tulis ini. WHy ? Karena kebanyakan peserta ujian tidak mengetahui tipe yang di ujikan di TBI. Di TBI ada tes structure, grammer, error recognition, reading. Ya mirip-mirip tes TOEFL lah, kenapa diadakan tes bahasa inggris ini ?? Mungkin karena TBI ini sebagai dasar ketika perkuliahan nanti, fyi Text Book yang dipakai PKN STAN hampir semuanya pakai bahasa inggris kecuali mata kuliah tertentu yang CUMA ADA di Indonesia, seperti: Kewarganegaraan, Akuntansi Pemerintah, Hukum Keuangan Negara, Budaya Nusantara, dkk
Untuk Tips dan Trik di Tes Bahasa Inggris yaitu


  1. Mulai BELAJAR dari sekarang, buka buku pelajaran bahasa inggris kalian dari SMA kelas X, trust me itu akan sangat sedikit berguna
  2. Ingat aturan penilai ujian tulis. Yaitu jumlah benar harus lebih besar atau sama dengan 1/3 jumlah soal. So TBI ada 60 soal , kalian harus benar menjawab 20 soal TBI. Untuk TBI saya sarankan kerjain semua soal, untuk antisipasi aja, mengingat kebanyakn tidak lulus USM PKN STAN di TBI, karena meski kalian TPA 120 soal benar semua dan TBi cuma bisa benar 19 soal, kalian tetap tidak lulus.
  3. Sering berlatih soal soal PKN STAN TBI tahun-tahun sebelumnya, karena dengan sering berlatih akan semakin terbiasa. Dan menurut saya pola soalnya pasti hampir sama ditiap tahun cuma beda kata-katanya saja.
  4. Ingat waktu, di TBI hanya diberi waktu 50 menit untuk mengerjakan 60 soal, nah gimana tuh logikanya biar sampe dikerjain semua. Jawabannya adalah Time management, tips dari saya kerjain structure, grammer, error recognition dalam waktu harus kurang dari 15 detik. Buat apa, buat menabung waktu di reading. Pasti di reading membutuhkan waktu yang lama dalam mencari jawaban dan membaca narasi. Wah masa bisa ngerjain tadi dibwah 15 detik, bisa kok asal sering latihan :) kan cuma melengkapi titik-titik yang kosong, susunan, grammer yang bener dan yang salah seperti apa sajakan.


Untuk bimbel stan terbaik menurut saya semua sama-sama memiliki keunggulan, tapi saya sendiri jujur tidak ikut bimbel. Karena jarak bimbel stan dari rumah ya lumayan jauh dan gak kepikiran juga untuk ikut bimbel. So cari belajar efektif menurut versimu sendiri.
Oke saya kira itu dahulu untuk Tips dan Trik mengerjakan TPA dan TBI, untuk tes kesehatan stan dan Seleksi Kompetensi Dasar, mungkin akan saya bahas di part-part selanjutnya. So Stay Tuned.



Biar kaga ketinggalan update Info and more qustion 💢
For Fast Respon Mention &  follow:
                                 Twitter saya di: @yosandika34
                                 Instagram:        yosandika    


=======================================================================
DILARANG COPY PASTE TANPA SEPENGETAHUAN PENULIS. 
FOR REPOST PLEASE CONFIRM ON MY SOCIAL MEDIA. 
BLOG INI DILINDUNGI DMCA PROTECT, I CAN SEE YOU !!!
=======================================================================
Reaksi:
Posted by Unknown On 17:15 No comments

0 komentar:

Post a comment

Brikan komentar anda demi kemajuan Blog ini , jangan hanya menjadi pembaca yang pasif , yang setelah mebaca artikel langsung pergi begitu saja ..

Silahkan jika ada kritik atau saran atau memberi masukan tentang artikel berikutnya yang hendak anda cari,Insyalah saya akan membuatkannya .. :)
Demi kemajuan Blog ini dan anda mendapat barokhah :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Followers

    Alexa Rank