Monday, 13 January 2014



Lari merupakan olahraga yang sangat dikenal oleh banyak orang.Lari merupakan suatu olahraga cabang atletik.Tak heran jika olahraga lari sering di ikutkan pada lomba pada event-event besar seperti sea games,olympic,PON,dll.Di sekolah pun olahraga lari pasti masuk dalam penilaian.Untuk itu banyak orang yang mngeluh tentang olahraga lari,karena berat badan yang berlebih,sakit sesak napas,asma,sampai saat lari ngos-ngosan.
Ya,memang  ngos-ngosan saat lari adalah akibat dari kurangnya asupan oksigen. Tubuh sedang membutuhkan banyak oksigen tetap ipernapasan kita tidak bisa mengkompensasi kebutuhan oksigen tubuh. Sehingga mengakibatkan kita saat mengambil napas tersendat-sendat atau lebih dikenal dengan NGOS-NGOSAN SAAT LARIBerikut ini adalah cara untuk mengatur nafas agar tubuh tetap terpenuhi oksigen saat lari :




1. Bernapaslah dari Mulut

Menggunakan mulut untuk napas memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang keluar dibanding dari hidung. Jika mencoba bernapas dari hidung sambil berlari membuat otot-otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras.Sedangkan napas melalui mulut akan mendorong otot-otot wajah untuk rileks sehingga menciptakan ketenangan dan lebih santai. Jika mulai merasa kehabisan napas maka perlambat sedikit larinya.Atau aturlah penapasan dengan “berhenti” sejanak,tapi kata berhenti disini tidak berhenti berjalan ya.Tapi jalan pelan-pelan dengan bernapas menggunakan mulut.


2. Napas yang dilakukan Berirama

Hal utama yang perlu diingat adalah sebaiknya menarik dan mengeluarkan napas secara konsisten atau berirama, terlepas dari seberapa cepat seseorang berlari. Misalnya ada orang yang setiap 2 langkah lari baru mengambil napas, tapi ada juga yang 3 langkah setiap napasnya. Pola ini disesuaikan dengan kondisi tubuh sang pelari.


 3.Sikap Badan

Sikap badan saat lari usahankan 60 derajat atau kira-kira agak condong kedepan.Hal ini memungkinkan untuk mengurangi gaya gesekan angin terhadap tubuh anda.Mencondongkan tubuh kedepan juga berguna untuk menambah kecepatan lari anda.

Sikap kaki anda harus juga di perhatikan usahakan melakukan lari dengan menjinjitkan kaki,hal ini berguna untuk menghindari tumpuan kaki yang terlalu keras pada lintasan lari.Yang bisa mengakibatkan cedera engkel atau keseleo.


4. Dengarkan Napas Anda

Gunakan telinga untuk mengontrol pernapasan. Jika mendengar napas mulai terengah-engah maka kurangi kecepatan berlari, jika sudah mulai stabil bisa secara perlahan ditingkatkan kecepatannya.dan sebaiknya ketika mengurangi kecepatan usahakan anda jangan terlau pelan.Usahakan minimal berjalan cepat.Hal ini berguna untuk pengambilan napas.Jika anda terlalu pelan maka otot anda akan merasakan capek,karena asam laktat dalam otot akan keluar jika anda berhenti bergerak.

Bernapas dengan benar akan sangat penting untuk menurunkan stres dan meningkatkan stamina fisik yang tepat. Belajar untuk fokus pada pernapasan saat berlari memang tidak mudah, tapi hal ini bisa dilatih ketika sedang berjalan hingga nantinya tubuh menjadi terbiasa.


5. Mengambil Napas Pendek dan Dangkal

Menarik napas terlalu panjang dan dalam bisa membuat seseorang tidak mampu belari jauh atau lama, untuk itu bernapaslah pendek secara dangkal sehingga leih mudah mengatur napas.Hal ini dimaksudkan untuk membuat tubuh bisa memproses oksingen secara optimal.


6. Gunakan Pernapasan Perut lebih Sering

Cobalah bernapas dari perut atau diafragma dan bukan dada. Cara melatihnya berbaring terlentang dan lihat gerakan perut saat bernapas. Jika seseorang bernapas dengan benar maka seharusnya perut naik dna turun setiap kali napas, sementara dada kurang bergerak. Lakukan teknik ini saat berlari.Tapi kebanyakan orang atlet lari seperti Usain Bolt tidak bernapas malah saat berlari,hal ini dilakukan untuk menghindari menurunya kecepatan lari sang atlet.Karena disaat pengambilan napas otomatis tubuh akan melakukan aktivitas sehingga membuat energi berkurang dan mengakibatkan kecepatan menurun.

Dan itu tadi beberapa tips lari yang benar dan agar tidak ngos-ngosan saat berlari.Semoga bermanfaat.Happy Blogging !


Posted by andika yosa On 17:08 No comments

0 komentar:

Post a Comment

Brikan komentar anda demi kemajuan Blog ini , jangan hanya menjadi pembaca yang pasif , yang setelah mebaca artikel langsung pergi begitu saja ..

Silahkan jika ada kritik atau saran atau memberi masukan tentang artikel berikutnya yang hendak anda cari,Insyalah saya akan membuatkannya .. :)
Demi kemajuan Blog ini dan anda mendapat barokhah :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Followers

    Alexa Rank

    Google+ Followers